Anu Resep Gambar Berjalan

Loading...

Selasa, 23 September 2008

EXCHANGE SERVER 2007 DI ATAS WINDOWS SERVER 2008

EXCHANGE SERVER 2007 DI ATAS WINDOWS SERVER 2008

Artikel ini akan membahas mengenai kompatibilitas antara Microsoft Exchange Server 2007 SP1 dan Windows Server 2008 sebagai operating system server. Raymond Engelbert dan Narenda Wicaksono


WINDOWS SERVER 2008 telah resmi hadir ke tengah-tengah kita sebagai generasi penerus dari Windows Server edisi sebelumnya. Kehadiran Windows Server 2008 dengan beberapa fitur dan roles baru yang cukup revolusioner seperti virtualisasi, konsolidasi server, dan aplikasi remote seolah menjadi magnet yang sangat kuat untuk segera menjadikan Windows Server 2008 sebagai operating system server.



Seperti biasa, Windows Server 2008 juga didesain dengan memperhatikan faktor kompatibilitas dengan aplikasi akan dijalankan di atasnya. Namun, pada edisi 64 bit ada beberapa perubahan fundamental terkait dengan desain architecture, processing, thread, dan desain baru dari TCP/IP. Microsoft berusaha semaksimal mungkin untuk membuat sebuah opera ting system yang paling efektif, efisien, dan powerful. Namun, misi tersebut sudah hampir tidak mungkin jika mengandalkan architecture x86, oleh karena itu pengembangan operating system difokuskan pada arsitektur x64. Windows Server 2008 akan menjadi operating system terakhir yang juga tersedia dalam edisi 32 bit.



Salah satu aplikasi server yang didesain secara khusus agar berjalan optimal di atas Windows Server 2008 adalah Exchange Server 2007 SP1. Semenjak peluncurannya setahun lalu, Exchange 2007 banyak memberikan fitur baru yang sangat bermanfaat di beberapa aspek seperti bisnis, pemerintahan, pendidikan, maupun di kalangan militer. Dengan dukungan platform 64-Bit (x64), Ex-change 2007 sangat fleksibel dan lebih powerful dari segi I/O serta proses kerja yang bisa lebih maksimal dibanding pendahulunya, Exchange 2003 yang berjalan di platform 32-Bit (x86).



Exchange Server 2007 juga terbagi atas lima roles utama, yaitu Hub Transport, Edge Transport, Client Access, Mailbox dan Uni-fied Messaging. Pembagian berdasarkan roles ini juga membuat pengguna semakin fleksibel dalam menentukan desain yang cocok

dan sesuai kebutuhan.



Implementasi

Di atas Windows Server 2008, implementasi Exchange 2007 SP1 sangatlah mudah. Hal ini dimungkinkan karena dukungan fitur Server Manager pada Windows Server 2008, hingga pre-requisites yang dibutuhkan Exchange dapat dengan mudah di-deploy di Server Manager, baik dengan GUI maupun di atas command line. Hal ini sangat membantu implementor dalam membangun Exchange 2007 SP1 di atas Windows Server 2008, terutama dari segi efisiensi waktu. Instalasi Exchange 2007 sendiri mendukung dua fitur, yaitu GUI Installation dan Command Line Installation.



Administrasi

Dengan basis Microsoft Management Console 3.0 (MMC 3.0), administrasi di Exchange 2007 menjadi lebih ringkas disbanding biola menggunakan console pada Exchange 2003 yang masih berbasis MMC 2.0. Selain itu, dukungan PowerShell menjadikan Exchange 2007 mempunyai alternatif lain untuk melakukan mana jemen terhadap mail system, yaitu Exchange Management Shell, di mana seorang administrator bisa melakukan administrasi dengan menggunakan Command Shell yang akan menjadikan proises instalasi menjadi sebuah pengalaman yang menarik.



Anywhere Access

Salah satu fitur di sisi client yang sangat berguna adalah konsep Anywhere Access yang sudah didukung Exchange 2007, mulai dari Webmail menggunakan Outlook Web Access (OWA), Outlook Anywhere menggunakan RPC/HTTPS, Push Mail menggunakan ActiveSync, sampai pada dukungan Outlook Voice Access pada Unified Messaging yang memungkinkan pengguna untuk membuka isi mailbox via perantara perangkat telekomunikasi umum.



Dukungan IPv6

Salah satu integrasi yang paling tampak antara Exchange 2007 SP1 dengan Windows Server 2008 adalah dukungan IPv6 yang disediakan Windows Server 2008. Dengan dukungan ini, maka perusahaan yang telah menerapkan penggunaan IPv6 pada infrastruktur TI nya, bisa menggunakan Exchange 2007 SP1 dengan Windows Server 2008 tanpa harus lagi khawatir terhadap pengalamatan IP baik IPv4 maupun IPv6.



Security

Salah satu aspek yang tidak bisa ditinggalkan juga dalam lingkungan Mail Server adalah security terhadap virus dan spam. Exchange 2007 SP1 juga tidak melupakan hal ini, di mana Exchange sudah built-in dengan anti-spam serta di-support oleh Forefront Security for Exchange 2007 sebagai Multi Engine Anti Virus yang juga telah mencapai versi Service Pack 1 supaya bisa berjalan di atas Windows Server 2008. Dengan kolaborasi yang pas serta tuning terhadap anti-spam dan antivirus yang tepat, organisasi Anda tidak perlu khawatir akan banyaknya e-mail spam dan e-mail yang bervirus.



Ritme kerja profesional yang menuntut akses informasi tanpa batas membutuhkan dukungan dari sisi infrastruktur. Exchange 2007 adalah sistem Mail Server yang sudah cukup mature dengan kompatibilitas dengan web, Windows Mobile, dan perangkat komunikasi lainya. Kombinasi dengan Windows Server 2008 x68 Edition tentu akan menjadi bahan percobaan yang menarik. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan men-download buku Windows Server 2008, Exchange Server 2007, dan 18 Step-by.Step Win-dows Server 2008 gratis di http://wss-id.org.

Tidak ada komentar: